Kejujuran yang Terbayarkan

Sudah sebulan lebih rupanya saya di Makassar, minggu pertama tinggal di rumah keluarganya teman, rumah yang bagus, bahkan sangat bagus menurut saya, pemilik rumahnya pun ramah, tapi namanya manusia pasti ga bakal enak hati nginap di rumah orang terus, apa lagi kerjanya makan tidur doank, hehe..habis bingung mo ngapain🙂
Tanggal 1 september akhirnya pindah ke kostan di wesabbe. Alhamdulillah dapat kostan yang lebih murah, rumah yang kamarnya disewakan, jadi tinggalnya bareng ibu kost dan 1 orang teman kostan juga. Sejak awal tinggal di kostan, ada warung yang sudah menjadi langganan. 2 kali setiap hari berkunjung ke warung itu untuk makan, makanannya lumayan enak dibanding warung makan lain di sekitar kostan, biasalah mencari rasa yang minimal mendekati citarasa lidahnya orang gorontalo.

Suatu hari saya sendirian membeli makan ditempat itu, uang saya 20ribu beli lauk pauk total 13ribu harusnya dikembalikan kan 7ribu eh malah uang kembaliannya lebih banyak jadi 37rb, karena yakin uang saya 20ribu, saya kembalikan uang lainnya ke penjual, beberapa hari kemudian hal sama terjadi lagi, uang saya 50rb dikira 100rb, lalu saya kembalikan lagi lebihnya.. Ya Allah, saya sedang dites Oleh penjual atau sedang dites olehMu, bantu hamba, lindungi hamba dari godaan2 yang bisa membuat dosa saya bertambah, itu saja yang terbesit dalam hati.

Dan ternyata efek dari mengembalikan 2x kelebihan uang kembalian itu menjadikan penjualnya selalu memberi kelebihan lauk setiap kali saya membeli lauk dan sayur disitu, selain itu uang totalannya suka dikurangin, contoh nih, saya beli ikan dan tahu isi, saya tanya tahu isinya 1biji harga berapa? Katanya seribu, saya beli 4 eh pas di kostan ternyata ada 6biji tahu isinya, trus waktu beli itu totalannya harusnya 11rb katanya kasih 10rb saja🙂

Alhamdulillah yaa.. Walaupun kecil kejujuran yang kita lakukan, dampaknya sangat luar biasa, bayangin anak kostan dpt gratisan lauk pauk gitu, senang banget lah, selain itu jadi sangat dekat dengan penjualnya, nanya kabar dan cerita2 kayak keluarga..

Makasih yaa Rabb

Leave a Reply

