Welcome MPASI

Sudah seminggu ini kesibukan bertambah lagi dengan mempersiapkan MPASI my baby Athar. Sudah dari sebulan yang lalu aku mempersiapkan segala keperluan dalam menyongsong perMPASIAN untuk si Athar. Memilih-milih peralatan MPASI yang dulunya dipake buat si kakak Farhan yang masih bagus untuk digunakan lagi (lumayan bisa menghemat dan dialihkan untuk membeli keperluan lainnya). setelah dipilih-pilih ada beberapa yang masih bagus dan sehat dipakai, seperti piring bayi, botol susu, tatakan peralatan makanan bayi, dan kukusan utk mensteril perlengkapan MPASI. Untuk sendok makan bayi, saringan kawat, dan wadah kecil-kecil untuk menyimpan bahan MPASI diganti baru semuanya.

Bahan-bahan awal MPASI yang dipersiapkan  untuk kebutuhan seminggu diantaranya kabocha hijau, pear, melon, dan beras tumbuk. Berdasarkan referensi, untuk melihat tingkat alergi bayi terhadap makanannya maka diterapkan rule alergi 2-4hari, jadi bayi mengkonsumsi makanan yang sama selama 2-4hari. Untuk Athar karena dianya pembosan dan susah dikasih makan maka terpaksa cuma 2 hari saja untuk makanan yang sama. Untuk tahap permulaan ini, MPASInya hanya dibuat puree (dihalusin pakai saringan kawat, tidak disarankan pakai blender).

Bissmillah..

Hari pertama, aku pilih buah pear untuk perkenalannya, maanfaat buah pear untuk melancarkan pencernaan menjadi salah satu alsanan memilih buah ini sebagai MPASI awal babyku. Empat buah pear di kupas, dicuci lalu dipotong-potong, kemudian dikukus , setelah ga terlalu panas pearnya dihalusin pakai saringan kawat. Suapan pertama tentunya aku yang lakuain, bela-belain telat ke kantor agar bisa nyuapin si AThar (hallah….telat hampir tiap hari, ngakunya sekarang ;p). Lucu ngliatnya, entah kegirangan or kaget liat pola si Athar makan, kakinya tetap lompat-lompat biar didudukin rapi, mulutkan kadang ditutup rapat kayak ga mau disuapin, karena waktu berjalan terus dan ga mungkin aku yang terus ngasih makan, terpaksa, suapan keempat dan seterusnya pengasuhlah yang meneruskan dan aku berangkat ke kantor. Hari kedua tetap puree pear, dan alhamdulillah si Athar ga keliatan ada alerginya.

Hari ketiga aku milih Kabocha, buatnya sama kayak buah pear, di puree aja tanpa tambahan lain. setengah kabocha ukuran sedang dikupas, diiris di halusin kemudian dibagi menjadi 3 wadah ( 1 wadah untuk sekali makan dalam sehari). Hari ketiga bapaknya yang nyoba nyuapin, aku ngurus si kakak, berhasil, Athar makannya lahap walaupun memang harus ekstra acting (mainan si kakak semua dipakai biar si dd mau makan). Puree kabocha sampai hari keempat dan alhamdulillah lagi kabochanya lulus seleksi rule alergi.

Hari kelima dikasih puree tepung beras, besoknya ada bintik merah yang ga jelas penyebabnya di empat lokasi, atas mata, di pipi, di pangkal jari telunjuk dan di siku, anehnya semua merah-merah itu berada di badan sebelah kanan bayi, curiganya lebih besar ke karena digigit nyamuk bukan alergi maka diterukanlah puree tepung beras. Hari keenam tetap tepung beras (nekad aja, mau lihat alerginya mpe mana, hmmm plus dah mulai bingung bahan apa lagi yang bakal dipakai), tralaaaaa… ruam merahnya  ga bertambah malah dah mulai memudar😉

Melon, si Athar ga terlalu suka, akhirnya tadi pagi dikasih lagi puree kabocha, bahan yang paling disuka dari empat bahan MPASI seminggu. Rencana pulang kantor pengen ke Pasar buat nyari pepaya dan kentang🙂

Happy Searching for Menu MPASI#semangatin diri sendiri

 

2 Comments (+add yours?)

  1. ournewpage
    Apr 10, 2012 @ 09:05:28

    tanya mba, menu mpasi pertama bagusnya buah atau beras2an ya?

    Reply

  2. pasar organik
    Sep 09, 2012 @ 08:17:45

    hai bunda..

    mau sharing alat masak bubur otomatis, bikin MPASI homemade jadi lebih mudah, Takahi Slow Cooker.. ga harus pintar masak🙂
    silahkan mampir ke http://organicsmarket.blogspot.com/

    kami juga menyediakan bahan organik sebagai bahan baku MPASI untuk buah hati anda🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: