Keuntungan Membuat Makanan Sendiri Untuk Bayi Kita

Sebagai orangtua, Anda pasti ingin menyediakan yang terbaik untuk bayi dan batita Anda. Riset menunjukkan bahwa bayi yang diberi makanan bergizi dengan komposisi yang sehat, tumbuh menjadi anak yang kuat dan mudah beradaptasi soal makanan dibandingkan dengan anak yang diberikan makanan dengan komposisi yang kurang baik. Membuat makanan bayi di rumah adalah hal yang mudah, murah dan bergizi untuk memastikan bahwa anak-anak anda mendapatkan keuntungan tersebut. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa membuat sendiri makanan bayi di rumah mempunyai banyak keuntungan, yaitu:
1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda.
2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini.
3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif.
4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
5. Mudah
6. Hemat
7. Makanan buatan sendiri jauh lebih lezat dari makanan instan.

1. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang akan dimakan oleh anak anda
Sebagai orang tua, anda pasti ingin mengetahui apa yang dimakan oleh bayi anda. Seperti juga anda ingin adanya kepastian menyangkut keaslian, keamanan, kualitas dan tekstur dari isi makanan bayi anda. Dengan menyiapkan sendiri makanan anak, maka Anda dapat memegang kendali atas apa yang dimakan oleh anak Anda dan Anda juga memiliki pengetahuan atas apa yang dimasukkan ke dalam makanan bayi anda. Semakin Anda terlibat dalam proses penyiapan makanan untuk bayi anda, semakin besar kemungkinan Anda bisa memupuk kebiasaan makan yang sehat. Selain itu, Anda memberikan makan yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan bayi anda. Dan karena anda yang memegang kendali atas tekstur dan isi dari makanan bayi anda, Andalah yang paling tahu apa yang paling baik untuk bayi anda.

2. Anda menanamkan kebiasaan makan yang sehat sejak dini
Dengan memberikan makanan sehat pada bayi anda sejak dini, berarti anda telah memperkenalkan kebiasaan makan yang baik untuk seluruh keluarga anda. Masyarakat Indonesia telah berubah menjadi komunitas yang gemar makanan fast food yang kaya lemak dan kolesterol tapi miskin gizi dan serat. Angka obesitas meningkat sampai pada level epidemik diantara anak-anak, remaja dan orang dewasa. Apabila trend saat ini terus berlangsung, obesitas akan menjadi penyebab utama kematian yang bukan karena penyakit di negeri ini, menggantikan posisi rokok. Salah satu penyebab utama kasus kelebihan berat pada anak-anak dan orang dewasa adalah kebiasaan makan yang kurang baik. Kebiasaan makan yang kurang baik secara langsung dihubungkan dengan beberapa masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung koroner, darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes dan beberapa jenis kanker.

3. Makanan buatan sendiri lebih bergizi dan bebas zat-zat aditif
Vitamin dan nutrisi lain sangat penting bagi bayi anda. Untuk tiga tahun kedepan, bayi anda akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat. Untuk itu penting sekali baginya untuk diberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi agar dapat memaksimalkan proses tumbuh kembangnya.
Makanan bayi instan mengandung tambahan garam, gula, penambah rasa, atau bahan-bahan lain yang tidak dibutuhkan dan bahkan tidak tepat untuk bayi Anda. Bahkan bahan-bahan tambahan ini dapat melarutkan kandungan nutrisi dari makanan tersebut dan tidak memberikan manfaat apapun bagi kesehatan bayi Anda dan dimasukkan dalam adonan makanan untuk menambah rasa, tekstur dan memperbanyak jumlah porsi yang dihasilkan.
Anda bisa melihat perbedaan rasa, warna dan kandungan gizi suatu jenis makanan bayi instan yang dibuat oleh produsen yang berbeda. Misalnya bubur susu apel atau nasi tim ayam merek A pasti memiliki rasa, warna dan angka kandungan nutrisi yang berbeda dibandingkan jenis makanan sama dengan merek B, C dan merek-merek lainnya. Dan bubur susu apel atau nasi tim ayam buatan Anda sendiri, pasti jauh lebih lezat, menarik dan bergizi tinggi. Dengan menyiapkan dan memasak sendiri, Anda bisa memastikan bahwa bayi Anda mendapatkan makanan yang dibutuhkannya.

4. Makanan buatan sendiri lebih variatif
Makanan bayi cepat saji dibuat untuk memenuhi selera pasar, sehingga variasinya sangat sedikit. Variasi adalah kunci dari menu seimbang, yang merupakan komponen inti dari makanan yang sehat dan bergizi. Dengan banyaknya pilihan yang terdapat di bagian bahan makanan segar maupun beku, tidak ada alasan bayi anda harus mengikuti apa yang dianggap perusahaan pembuat sebagai makanan yang paling disukai. Keuntungan dari variasi makanan hádala:
Bayi anda akan terpapar pada rasa dan teksture yang lebih luas sehingga transisi ke makanan keluarga bisa berjalan dengan baik.
Anda bisa membentuk selera makan bayi anda dan membantunya mempelajari rasa baru pada makanan yang baru dimasak, dengan demikian anak Anda tidak akan menjadi pemilih atau susah makan.
Lebih jauh lagi, membuat sendiri makanan bagi bayi anda, membuat anda bebas menambahkan bumbu-bumbu dan mengkombinasikan rasa, sehingga waktu makan bagi bayi anda menjadi saat yang menyenangkan, semacam wisata boga.

5. Mudah

Membuat sendiri makanan bayi mudah dan tidak sesulit yang Anda dan orang lain bayangkan atau katakan. Begitu Anda mulai Anda akan menyadari betapa mudahnya mempersiapkan sendiri makanan bayi. Yang Anda butuhkan adalah peralatan masak yang biasa Anda gunakan, blender/food processor serta bahan makanan yang segar untuk membuat makanan yang sehat dan bergizi untuk anak Anda. Selain itu, untuk menghemat banyak waktu dan tenaga, kita bisa memasak dalam jumlah agak banyak. Setelah dimasak, dinginkan makanan lalu tuang ke dalam blok es (cetakan es batu) lalu bekukan. Setelah beku, keluarkan dari cetakan, lalu masukkan 2-3 potong (sesuaikan untuk 1 porsi) ke dalam kantong plastik ukuran kecil. Apabila akan disajikan, keluarkan sejumlah sesuai kebutuhan. Bisa dikombinasikan dengan jenis masakan lainnya (baik disajikan terpisah maupun dicampurkan).

6. Anda menghemat biaya
Makanan bayi instan harganya lebih mahal karena mereka juga harus memperhitungkan biaya promosi dan distribusi. Membuat makanan bayi sendiri sangat hemat biaya, karena makanan bisa dibeli kapan saja, dengan mempergunakan bahan makanan lokal dan yang sering dikonsumsi keluarga.

7. Makanan buatan sendiri jauh lebih lezat dari makanan instan
Walaupun bayi anda tidak memiliki indera pengecap layaknya orang dewasa, ia bisa mengecap rasa, mengenali warna dan bau. Makanan yang lezat adalah salah satu anugrah kehidupan dan bayi Anda berhak untuk menikmati kelezatan dan tekstur makanan rumahan seperti halnya Anda dan saya. Coba cicipi bubur ayam, nasi goreng, dan sup instan yang dijual di swalayan, walaupun praktis dan Anda tinggal menyeduh dengan air panas, rasa dan aromanya jauh dibandingkan makanan yang dimasak sendiri. Atau lakukan percobaan dengan hanya makan makanan kalengan dan instan selama 3 – 7 hari, Anda pasti merindukan kelezatan dan aroma makanan rumahan. Demikian halnya dengan makanan bayi. Jadi tunggu apa lagi?
Melihat bayi Anda menikmati makanan yang Anda buat sendiri merupakan suatu kepuasan tersendiri. Anda pun merasakan kepuasan dan kebanggaan telah memberikan bayi Anda persembahan berupa makanan yang sehat dan bergizi.

Berikan makan dengan kasih sayang. Pahami kebutuhan dan kondisi bayi dan batita Anda. Butuh pemahaman dan kasih sayang untuk mulai memperkenalkan makanan pada bayi. Pemberian makan pada bayi dan batita merupakan masa transisi dari pemberian ASI menjadi pemberian makanan keluarga, yang harus dilakukan dengan penuh cinta dan tentunya kesabaran dan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
Pahami kondisi anak, Anak yang sedang mengantuk, sedih, atau sakit cenderung malas makan. Kenali tanda-tandanya dan bina komunikasi dengan anak.

Pahami tanda-tanda kapan Anak mulai lapar dan kenyang. Tahu kapan harus berhenti. Bayi akan berhenti makan saat mereka kenyang. Tanda-tandanya antara lain, menutup mulut, memuntahkan makanan, memalingkan kepala dari arah sendok, mendorong badannya ke belakang, mengurangi makanan/minuman yang diasup, tertidur, dan memain-mainkan makanan.

Pahami perkembangan kemampuan makan pada bayi dan batita Anda. Jenis, porsi, tekstur, frekuensi dan cara pemberian makanan berubah sesuai usia dan perkembangan anak. Apa yang tepat untuk bayi usia 6 bulan berbeda dengan anak usia 12 atau 18 bulan. Berikan bantuan dan dukungan tanpa memaksa anak untuk makan. Bersabar. Memaksa anak untuk memakan jenis makanan tertentu atau untuk menghabiskan makanan bukan cara yang tepat untuk membentuk pola makan yang sehat.

Berikan makan secara perlahan dan dengan penuh kesabaran. Jagan paksa jika anak tidak mau makan, berikan lagi di lain waktu, tidak ada penolakan anak yang absolut. Berikan variasi jenis, rasa, tekstur, warna, kombinasi dan penyajian makanan. Berikan senyuman, kontak mata langsung dan kalimat-kalimat yang membesarkan hati anak, sehingga saat makan merupakan saat belajar dan penuh cinta.

Bantu batita untuk menyuapi sendiri makanannya, jangan biasakan menyuapi anak-anak. Sedikit berantakan tidak apa-apa, makan adalah bagian proses belajar dan petualangan. Anak akan lebih cepat belajar untuk makan sendiri jika suasana makan menyenangkan.

Kurangi gangguan selama makan, biasakan bayi dan batita duduk di ruang makan, baik di kursi makannya atau di pangkuan Jangan biasakan memberi makan sambil menonton TV, bermain, jalan-jalan atau digendong.
Berikan makanan secara teratur tepat pada saat-saat makan. Bayi dan batita senang menirukan apa yang mereka lihat, berbagai studi menunjukkan bahwa bayi yang diajak bergabung saat makan bersama keluarga akan lebih semangat untuk makan dan mencoba berbagai jenis makanan.

Pemberian makanan adalah tanggung jawab keluarga, bukan pengasuh. Sebisa mungkin libatkan orang tua (termasuk Ayah) untuk memberikan makanan atau mendampingi anak saat makan

4 Comments (+add yours?)

  1. gendisbanyumas
    Aug 13, 2010 @ 08:49:48

    Kunjungan sore, silahkan mampir juga ke site kami minuman herbal berkhasiat gujahe & gulajoss ada program keagenan senilai 3,5 juta nett dan distributor 35 juta nett,jika berminat silahkan mampir ke info@gujahe-kbm.com atau sms/telpn ke 021 23986886

    Reply

  2. liactk
    Nov 29, 2010 @ 13:30:47

    mbak aku ijin copas yaa bagian keuntungannya membuat makanan sendiri🙂 thanks a lot

    Reply

  3. chamoet
    Dec 08, 2010 @ 01:41:43

    Silahkan Mba Lia, aq jg cuma copas artikel ini kok, smangat yaa Mom🙂

    Reply

  4. Impian Terwujud
    Jun 27, 2011 @ 03:59:23

    Artikel yang informatif …..

    http://www.prog5milyar.com/?id=BuEyang

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: