4 Hal Buruk Penggunaan Ponsel

Ponsel, handphone, handset, ataupun telepon genggam telah sangat popular di telinga masyarakat. Handphone sekarang ini bukanlah barang sekunder, tapi seperti sudah melekat dalam kebiasaan sehari-hari seakan tidak bisa lepas dari telepon portable tersebut. Kecanggihan ponsel tidak perlu dipertanyakan lagi, mulai dari memotret gambar, audio-video, jaringan wireless, hingga ke GPS. Namun, mungkin dari sekian pengguna ponsel telah melakukan hal-hal yang tidak etis atau malah beresiko bagi diri mereka. Berikut ini beberapa hal-hal yang mungkin kurang etis bila dilakukan melalui ponsel :

Menelepon atau SMS-an di waktu dan tempat yang tidak tepat
Sebagai contoh, SMS ria ketika menyetir baik motor, mobil, truk, taksi ataupun kendaraan lainnya. Sangat dimungkinkan bila menajdi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, terlebih hanya untuk mengetik satu huruf saja atau menelepon atau berbicara di telepon. Contoh lain, Anda menelepon teman lain atau SMS-an ketika di hadapan Anda ada seseorang yang sedang mengajak Anda bicara atau yang sedang curhat dengan Anda. Menelepon atau SMS-an untuk hal yang kecil, bukan hanya memborosokan pulsa Anda, tapi lebih kepada menghasbiskan waktu untuk hal yang kurang berguna, seperti hanya mengirim sms berisi kata ???hai.??? kepada teman Anda.

Mengganggu orang lain di tempat dan waktu yang tidak tepat
Tidak semua orang memiliki selera yang sama dengan suara, baik musik ataupun ringtone ponsel. Jadi, lebih amannya agar tidak mengganggu orang lain, Anda dapat mengecilkan nada dering, atau digetar saja, atau bila perlu dimatikan. Sebagai contoh, ketika Anda menonton film di bioskop, hampir tidak ada yang suka dengan munculnya nada dering ponsel secara tiba-tiba atau dengan suara keras, atau bahkan bergosip ria dengan menelepon teman. Tidak hanya di bioskop, namun juga di halte bis, lift, perpustakaan, antrian makan, di dalam busway, atau tempat umum lainnya, mungkin sebaiknya Anda menahan suara Anda agar tidak mengganggu orang lain.

Perilaku kurang baik karena handphone
Tidak perlu semua orang tahu mengenai hal-hal pembicaraan dalam telepon, terutama bila hal tersebut kurang penting. Sebagai contoh, mungkin orang lain kurang senang bila mendengar Anda mengobrol mengenai kucing tetangga yang melahirkan sepuluh ekor. Orang lain juga akan tidak senang ketika tiba-tiba Anda memotong pembicaraan teman yang sedang berbicara dengan Anda, hanya karena ditelepon oleh teman Anda yang lain, kemudian bergosip ria didepannya.

Pelanggaran Amoral
Penyalahgunaan ponsel juga dapat berupa penyebaran gambar atau video porno atau hal-hal yang tidak senonoh lainnya.

Well, manfaatin teknologi sesuai kebutuhan dan tau aturannya yaa🙂

sumber: beritanet.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: