Musik Klasik vs Lantunan Ayat Al-Quran

Kalau ada teori yang mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik pada janin dalam kandungan akan meningkatkan kecerdasan, insya Allah memperdengarkan al-Quran akan jauh lebih baik pengaruhnya bagi bayi. Nabi saja memerintahkan untuk mengadzankan anak yang baru dilahirkan, ya kan? coba apa hubungannya kecerdasan anak dengan memperdengarkan musik klasik, sunnahnya apa? pertanyaan ini yang slalu ada dalam hati aku jikalau suami kadang menanyakan apa dia sudah bisa memperdengarkan musik itu bagi janin kami. Alhamdullilah janin dalam kandunganku sudah brumur 18 minggu. Memang sich hentakan dalam musik klasik tuh sangat teratur tapi bikin kepala kadang pusing, coba kita bandingkan dengan mendengar lantunan ayat Al-Quran, sudah tentu kita akan merasa tenang mendengarkan ayat-ayat Al-Quran dilantunkan.

Seorang Psikolog, Pemerhati Masalah Anak dan Keluarga, Zulia Ilmawati juga mengatakan ketika mendengarkan alQuran, suasana hati dan pikiran akan menjadi lebih khusyuk dan tenang. Kondisi seperti ini akan sangat membantu perkembangan psikologis janin yang ada dalam kandungan. Apalagi kalo yang melantunkannya mamanya sendiri🙂

Pasalnya, secara teoretis kondisi psikologis ibu tentu akan sangat berpengaruh pada perkembangan bayi, khususnya perkembangan psikologisnya. Kondisi stres pada Ibu tentu akan berpengaruh buruk pada kandungannya.

Memperdengarkan al-Qurari bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, juga tidak mengenal batas usia anak. Untuk anak-anak yang belum bisa berbicara, insya Allah lantunan ayat al-Quran itu akan terekam dalam memorinya. Jangan aneh kalau tiba-tiba si kecil lancar melafalkan surat al-Fatihah, misalnya, begitu dia bisa berbicara.

Dan insya Allah kalau anak yang lebih besar, memperdengarkan ayat-ayat alQuran (surat-surat pendek) kepadanya terbukti memudahkan sang anak menghapalkannya.

Tuh kan?🙂

10 Comments (+add yours?)

  1. wijayanto
    Dec 04, 2008 @ 01:35:12

    sependapat Bu,
    pengalaman ketika istriku lagi hamil, kalo dibawa ndengerin musik klasik bawaan janin di perut (kata istriku) malah gerak2 gak tenang gitu (kaya’ gelisah), sebaliknya ketika didengerin ayat2 al quran jadi tenang.
    Aku & istri jadi sempet mikir, jangan2 issue bahwa musik klasik bisa bikin bayi cerdas hanyalah ‘propaganda’ orang2 barat utk menjauhkan umat islam dari Al Quran, jika sejak dalam kandungan sudah biasa didengerin musik2 dan gak pernah didengerin al quran, gak mustahil nanti gede-nya makin jauh dari al quran.
    Sampe lahir (sekarang usia 8bulan), kalo mo tidur tapi keliatan gelisah, sama ibunya dibisiki ayat2 quran di telinganya, eh…langsung tenang & bisa tidur dengan mudah.
    monggo dicoba sendiri..

    (^_^)v

    Reply

  2. chamoet
    Dec 09, 2008 @ 00:43:18

    Makasih ya Pak Wijaya commentnya.
    Slamat jg atas klahiran anaknya yg dah 8 bulan.
    Saya pernah nyoba tuh dgrin musik klasik, ga da pengaruh tuh ma janin saya malah saya ma swmi yg pusing sendiri dgrinnya:-)
    Moga Al-Quran satu2nya solusi yg terbaik bwt perkembangan anak kita, amien…

    Reply

  3. wina
    May 14, 2009 @ 06:55:20

    bener tuh bapak ibu,

    Saya udah coba dengan memperdengarkan lantunan Al-Quran dari kandungan saya sekitar 6 bulan. ketika mendengar lantunan ayat-ayat suci tersebut, bayi dalam kandungan saya seperti tenang, dan tidak bergerak gelisah yang sangat aktif seperti biasa. Sampai dengan sekarang mo melahirkan insya Allah saya juga masih meneruskan kebiasaan ini (sesempatnya biasanya sehabis pulang kerja sambil tunggu suami pulang), sambil juga saya dan meminta suami ikut juga membaca Al-Quran

    Reply

  4. chamoet
    May 14, 2009 @ 07:29:32

    Slamat y bu Wina atas bayinya.. dah anak kbrp bu?🙂
    smoga sehat2 aja yaa, sayang anak saya dah cpt perginya😦

    Reply

  5. anik
    Sep 29, 2009 @ 06:12:34

    Menurut saya aktifitas mendengarkan musik pada kandungan tujuannya dasarnya adalah MEMICU perkembangan otak janin, tidak ada hubungannya dengan agama. Ini merupakan science bukan kepercayaan yang bersifat subjecktif, bukan hanya musik klasik tetapi semua musik menurut saya dapat diperdengarkan sepanjang musik itu kaya dengan nada yang memicu perkembangan otak. Sedangkan membaca ayat2 alquran sah-sah saja, tetapi menurut saya tidak akan kaya dengan nada2 yang memicu perkembangan otak karena membaca ayat alquran sama halnya dengan membaca cerita-cerita buku, atau bersifat obrolan TIDAK KAYA AKAN NADA2 yang mampu memicu perkembangan otak janin. Artinya, apa bedanya membacakan ayat2 alquran dengan dengan membacakan jampi-jampi seorang dukun terhadap anak??? menurut saya tidak ada bedanya.
    Ingat, musik klasik adalah jenis musik yang sangat kaya akan nada-nada sehingga tidak heran tidak semua org mampu bermain piano membawakan musik2 klasik. Seorang pemain musik klasik seperti Mozart misalnya, dia memiliki IQ diatas rata-rata, mungkin anda bisa memberikan contoh pemusik klasik lainnya, tidak bisa dipungkiri mereka memiliki IQ diatas rata-rata manusia. Terima kasih!

    Reply

  6. ummi akmal
    Dec 29, 2009 @ 08:54:00

    saya punya pengalaman.anak sy (3)th,dr kecil susah tdr,bener lho klo sy bacain ayat2 alquran subhanallah jd gampang tdr.trus tiap hari sy bw ke masjid ngajar TPA (taman pend al quran) pdhl klo dmsjd dia g mau ngaji tp tiba2 srh hfln doa n cr berwudhu (yah wlopn blm jls pengucpannya ) udah paham maksudnya. al quran kalam illahi yg td ada bandingannya.bagi saya kecerdasan anak tergantung bagaimana ortu membiasakan/mencontohkan hal2 yg baik dihadapannya.syukron

    Reply

  7. v
    Feb 12, 2010 @ 03:52:26

    setelah membaca artikelini berarti kami bisa mengambil kesimpulan bhwa,,msk klasik gax g begitu istimewa,,kan lantunan azan lebih mulia,,mnrut saya..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: