Zat Gizi Penambah Kesuburan

Sebelum menjalani terapi gizi, ada baiknya kita simak bersama, apa-apa saja yang berpengaruh pada kesuburan pria ataupun wanita dan bagaimana memperbaikinya lewat terapi gizi.

* Vitamin A

Kesuburan wanita dipengaruhi oleh kemampuan tubuh untuk memanfaatkan vitamin A. Sedangkan pada pria, kemampuannya untuk memanfaatkan vitamin E.

Jika vitamin A kurang memenuhi syarat gizi, timbullah gangguan kesuburan. Terutama sekali akan berpengaruh pada pembentukan sel telur. Vitamin A banyak ditemui pada sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam, brokoli, daun kacang panjang, daun pepaya, daun singkong, dan sebagainya. Bisa juga diperoleh dari wortel, tomat, semangka, jeruk, labu kuning, dan mangga.

Agar konsumsi vitamin A dapat terserap dengan baik, harus dibarengi lemak. Pilihlah lemak tak jenuh, seperti minyak jagung atau minyak bunga matahari untuk memasak menu makanan Anda.

* Vitamin E

Dalam masyarakat, vitamin yang terkenal untuk kesuburan adalah vitamin E. Itu benar. Vitamin E berfungsi dalam pembentukan testosteron yang diperlukan untuk kejantanan pria. Jika tidak dikonsumsi secara cukup mungkin pria tersebut akan terhambat kemampuan seksualnya. Vitamin E bisa diperoleh lewat tauge, kacang merah, kacang tanah, dan kacang kedelai.

* Vitamin B

Hormon testosteron ada pada kelompok vitamin B kompleks. Mulai dari B6, B12, dan B3 (Niasin). Kelompok vitamin ini sangat besar peranannya dalam pemulihan energi. Anda tak akan merasa lelah setelah bekerja seharian, sehingga masih sempat “bercanda” di rumah bersama pasangan.

Sebenarnya vitamin B tadi berkaitan dengan proses pencernaan glukosa. Proses perubahan karbohidrat menjadi glukosa memerlukan kehadiran vitamin B. Kalau glukosa sudah dihasilkan maka dia akan memberi masukan pada sel-sel syaraf termasuk sel syaraf pada organ-organ kesuburan pria dan wanita.

Vitamin B banyak diperoleh dalam daging, unggas, dan ikan. Tapi hanya sedikit terdapat dalam telur, susu, dan sayuran. Bisa juga diperoleh pada makanan jenis kacang-kacangan, seperti kacang tolo, kacang kedelai, dan hasil olahannya (tahu, tempe, susu kedelai), kacang merah, emping melinjo, dan sebagainya.

* Vitamin C

Vitamin C yang biasa disebut dengan master of nutrient ini sangat berperan penting. Kekurangan vitamin C bisa mengakibatkan sel sperma menjadi lengket. Ini tentunya akan mengganggu pembuahan sel telur karena sel sperma akan sulit mencapai sel telur.

Jadi vitamin C bukan hanya untuk sariawan saja, tapi berfungsi untuk kesuburan pria. Konsumsi vitamin C pada orang dewasa dianjurkan sekitar 60 mg per hari. Ini bisa dipenuhi dengan memakan sebuah jeruk (sama dengan 50 mg), jambu biji atau mangga muda (sama dengan 80 mg).

* Lemak

Gangguan kesuburan antara pria dan wanita jelas berbeda jika dikaitkan dengan masalah gizi. Pria yang kegemukan karena konsumsi energi yang terlalu banyak, berpeluang untuk tidak subur atau impoten.

Sebaliknya, wanita cenderung tidak subur jika terlalu kurus. Kesuburan wanita ditandai dengan adanya menstruasi. Menstruasi berarti sel telur yang tidak dibuahi akan luruh. Kemampuan menstruasi ini tidak akan terjadi pada seseorang yang sangat kurus, sebab ada persyaratan minimal agar terjadi menstruasi. Salah satunya, bila komposisi tubuhnya minimal 17 persen mengandung lemak. Padahal, wanita sangat kurus hanya sedikit memiliki simpanan lemaknya.

Hal tersebut bisa terjadi pada penderita anorexia nervosa, orang yang menerapkan pola makan yang salah. Karena merasa terlalu gemuk, ia selalu men-set berat badannya dengan sangat rendah. Penderita ini selalu memuntahkan kembali makanannya.

* Mangan dan Magnesium

Kedua mineral ini ternyata mempunyai peran dalam fungsi ereksi pria. Sumber mangan banyak ditemui pada makanan biji-bijian dan serealia, seperti jagung, beras, dan gandum. Banyak buah-buahan dan sayuran juga sumber mangan. Mangan sedikit terdapat pada daging, susu dan ikan.

* Kopi

Terlalu sering minum kopi atau alkohol juga tidak baik. Minuman ini merupakan pencetus stres. Terlalu banyak minum kopi mengakibatkan sering buang air kecil, meningkatkan tekanan darah, dan denyut jantung berdebar cepat. Kecuali itu kopi banyak melarutkan vitamin, misalnya vitamin B6 dan B12.

* Makanan-makanan Manis

Kue-kue manis mengandung kadar gula sangat tinggi. Berarti memerlukan banyak vitamin B6 atau B12 untuk mencerna gula tersebut. Semakin habis vitamin B, kondisi syaraf semakin terganggu. Makanan manis ini lebih baik dihindari kalau kita ingin lebih efisien dalam memanfaatkan vitamin-vitamin untuk kesuburan.

* Teh

Kendati mengandung kafein sama seperti halnya kopi, teh memiliki manfaat positif. Pertama, teh bisa mengurangi berat badan. “Teh bisa sebagai anti-oksidan, zat yang mencegah terjadinya oksidasi dalam tubuh,” ujar Ali.

Oksidasi yang terjadi dalam tubuh akan mengakibatkan kerusakan sel. Artinya kehadiran teh dalam tubuh yang kaya akan anti-oksidan berfungsi untuk menangkal terjadinya kerusakan sel.

* Susu

Susu fat dan non fat bisa dipilih tergantung pada kondisi fisik seseorang. Pria gemuk perlu mengurangi makanan berlemak, sehingga hanya mengkonsumsi susu non fat. Dengan berat badan yang tetap terjaga, kemampuan melakukan hubungan seksual bisa lebih baik.

Sedangkan pada wanita kurus seharusnya perlu mengkonsumsi susu full cream atau fat supaya memiliki simpanan lemak dalam tubuh. Dengan demikian menstruasi bisa berjalan lancar dan bisa menjadi subur.

Sumber : Tabloit-nakita.com

8 Comments (+add yours?)

  1. ahmad
    Sep 10, 2008 @ 09:01:07

    saya mau tanya,berapa banyak sel sperma untuk membuahi sel telur?apa yang menyebabkan kulitas sperma jelek?apa ciri2sperma jelek?saya amat sangat mengharapkan balasannya karena ini menyangkut kehidupan saya.atas balasannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Reply

  2. chamoet
    Sep 23, 2008 @ 03:29:20

    to ahmad
    menurut yg saya baca Parameter sperma normal adalah sebagai berikut: volume = 2 ml atau lebih, pH = 7,2 — 8, bau khas, warna = kelabu pucat, konsentrasi = 20 juta per ml atau lebih, gerak 50 % atau lebih bergerak ke depan, bentuk 30% atau lebih berbentuk normal. Di luar parameter normal tersebut, sperma dianggap tidak normal. Jika sperma pria tidak normal berarti kesuburan pria tersebut tidak normal.

    Ada beberapa cara untuk mengetahui kesuburan Pada pria, kalau pemeriksaan sperma menunjukkan kesuburannya baik, berarti pria itu mampu menghasilkan kehamilan. Tetapi tidak demikian pada wanita. Pada wanita, walaupun mampu mengeluarkan Sel telur, belum berarti mampu hamil. Wanita memerlukan sistem reproduksi lainnya yang juga normal.
    Moga bermanfaat.🙂
    Klo ada yg mo ngasih masukan silahkan aja

    Reply

    • daru
      Oct 29, 2010 @ 13:48:38

      saya pernah periksa tapi jumlahnya 5 jt/cc.
      permasalahan hanya pada jumlah. bagaimana
      menambah jumlah sperma?

      Reply

      • chamoet
        Dec 08, 2010 @ 01:45:55

        Jika Anda perokok, maka sebaiknya kurangi or STOP merokok, krn akan mengurangi sel sperma bahkan kemandulan…
        upayakan utk menjaga keseimbangan gizi makanan, perbyk mengkonsumsi makanan yg byk mengandung Vit E, K dan B. utk lbh jelasnya silahkan search di Google🙂

  3. via
    Jan 09, 2009 @ 04:39:15

    aku mau tanya sebenarnya untuk mongkonsumsi vit E itu diminum nya pada malam hari sebelum tidur dengan Vit C atau pada pagi hari sebelum beraktifitas.
    sebelum dan sesudahnya terima kasih, tolong dijawab ya karne aini penting banget untuk aku ketahui.

    Reply

    • chamoet
      Dec 08, 2010 @ 01:49:45

      Setau saya sebenarnya tidak masalah pagi or malam kita meminumnya, klo kebiasaan saya sih minum Vit C n E di malam hari..
      Maaf klo jawabannya kurang membantu🙂

      Reply

  4. Meli moetz
    Jul 07, 2009 @ 16:45:47

    Trima kasih atas masukannya.
    Yg pstinya sangat berguna.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: