Minum Teh Yuuuuk….

MINUM TEH tampaknya sederhana saja. Tapi percaya atau tidak, teh juga menjadi bagian dari gaya hidup yang cukup mewah dan berkelas sejak ratusan tahun. Di Cina, minum teh perlu pakai upcara tertentu. Demikian juga di Jepang.

Indonesia, menjadi salah satu negara yang memasok teh ke seluruh dunia. Tapi sayangnya, Indonesia masih tergolong kurang sebagai negara dengan tingkat peminum teh. Tidak banyak penududk Indonesia yang menjadikan teh sebagai minuman “penting”. Teh masih menjadi minuman “angin-anginan” saja.

Dan seiring dengan berkembangnya zaman, kebiasaan orang minum teh juga semakin bervariasi. Kini begitu banyak orang yang memadukan teh dengan berbagai macam bahan alami lainnya, seperti jahe, jeruk nipis, madu, dan bahkan susu. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menambah kenikmatan minum teh sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan ganda baik dari teh dan juga bahan-bahan alami lainnya tersebut.

Beragam alasan orang untuk nge-teh, mulai dari alasan kesehatan, gaya hidup, dan bahkan budaya. Alasan kesehatan merupakan suatu hal yang paling sering ditemukan dan dikemukakan oleh banyak orang untuk minum teh. Begitu banyak penelitian yang memperkuat pernyataan manfaat teh bagi kesehatan.

Salah satunya adalah seperti yang dijelaskan oleh Prof Dr Ali Khomsan, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga Institut Pertanian Bogor (IPB) dan dr Ekky M Rahardja MS, spesialis gizi medis RS Graha Medika. Mereka menjelaskan bahwa daun teh mengandung beberapa komponen penting, salah satunya adalah polifenol yang memiliki khasiat sebagai antioksidan yang dapat menurunkan resiko mengidap penyakit kanker dan kardiovaskular1.

Selain mempunyai efek antioksidan, teh juga terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan gula darah, mencegah hipertensi, membantu kerja ginjal, dan meningkatkan penggunaan energi sehingga berpotensi untuk menurunkan berat badan jika disertai olah raga dan pola makan yang sehat2,3,4,5,6.

Walaupun teh menawarkan segudang kelebihan dalam kandungannya, banyak orang yang masih mencari nilai tambah dari hanya sekedar minum teh. Para pecinta teh mencari cara dan kebiasaan baru dalam meminum teh. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 terhadap pilihan orang dalam mengkonsumsi teh, terbukti bahwa banyak orang menginginkan cita rasa yang lebih beragam ketika minum teh untuk menciptakan suasana yang berbeda. Ragam cita rasa tersebut disebutkan dapat diperoleh dengan menambahkan atau mencampurkan bahan-bahan alami lainnya, seperti jahe, jeruk nipis, madu, atau susu. Mencampurkan salah satu dari bahan-bahan tersebut dipercaya dapat menambah khasiat kesehatan dari teh.

Perpaduan teh dengan bahan-bahan tersebut juga memberikan sensasi rasa tersendiri yang tentunya sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Contohnya adalah jahe, dimana selain dapat memberikan rasa hangat dalam tubuh, juga dapat mengatasi flu, mual, masuk angin, serta menurunkan kandungan kolesterol jahat dalam darah dan reaksi peradangan7,8.

Lain lagi halnya perpaduan teh dengan jeruk nipis. Jeruk nipis yang memberikan cita rasa segar dalam perasannya, juga menawarkan manfaat kesehatan yang tidak perlu diragukan lagi kehandalannya sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membantu penyerapan zat besi, serta mencegah kanker – dan hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk nipis. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung kalium yang dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, serta asam sitrat yang mencegah batu ginjal. Oleh karena itu, selain menyehatkan, minum teh dicampur dengan jeruk nipis akan dapat membuat peminumnya merasa lebih segar di setiap saat dan suasana.

Sama pentingnya seperti jahe dan jeruk nipis, memadukan teh dengan madu juga dapat memberikan manfaat tersendiri. Madu yang bekerja sebagai pemanis alami merupakan komposisi dari gula glukosa dan fruktosa yang sangat berguna sebagai sumber energi untuk menambah semangat dan performa seseorang sekaligus mencegah kepenatan. Selain itu, di dalam madu juga terdapat vitamin dan bahan-bahan yang bermanfaat sebagai antioksidan9. Dengan begitu banyaknya manfaat kesehatan yang ada dalam madu, tentunya akan semakin baik bila dipadukan dengan teh yang juga memang memiliki segudang khasiat yang menyehatkan tubuh.

Selain ketiga bahan yang disebutkan diatas, ternyata susu juga menjadi bahan yang dipilih oleh banyak orang untuk dipadukan dengan teh. Dengan kandungan protein, vitamin A, D, E, dan K, serta minteral seperti kalsium, fosfor, dan besi, susu merupakan pelengkap yang sempurna dalam menu santapan sehari-hari. Tidak hanya karena bekerja sebagai antibodi, susu juga bermanfaat bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak serta pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi. Jadi, lengkaplah gizi kita apabila mengkonsumsi teh dipadukan dengan susu.

Dengan dipadukannya teh baik dengan jahe, jeruk nipis, madu, ataupun susu, kini peminum dan penikmat teh dapat memperoleh manfaat kesehatan ganda yang menyeluruh dan tentunya baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, mulailah biasakan minum teh dengan bahan-bahan tersebut dan nikmati perbedaan rasanya sekaligus manfaat kesehatannya.

Sumber : my.opera.com

1 Comment (+add yours?)

  1. rike
    Jun 26, 2011 @ 19:18:00

    wahh bagus2:)
    tpi aku lebih tertarik minum teh di campur jeruk nipis hehe enak sih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: