Tips Siasati Biaya Merrid

Penyelenggaraan pesta pernikahan bisa menghabiskan dana yang tidak sedikit.Artinya, anda harus ekstra hati-hati dalam menyisasti anggaran keuangan pernikahan. Setelah memastikan tanggal pernikahan, segeralah membuat perencanaan yang matang.

Rumusan pesta pernikahan yang standar dapat dijabarkan dengan : Dana yang anda miliki + kebutuhan pesta = Acara pesta. Bagi anda yang memiliki dana lebih, rumusan tadi bisa menjadi: Keinginan + dana yang anda miliki = acara pesta. Asalkan cermat memperhitungkan berbagai hal, pesta pernikahan impian bisa menjadi milik anda.Ada beberapa tips yang dapat digunakan sebagai strategi menghemat pengeluaran anda.

Ukur kemampuan

Semegah apapun pesta yang diinginkan, jangan lupa disesuaikan dengan kemampuan anda. Jangan sampai setelah menikah, anda justru memiliki banyak hutang.Jujurlah pada pasangan anda, berapapun dana yang anda miliki. Jangan berharap banyak dari angpau yang akan anda terima.

Membatasi undangan

Untuk menentukan siapa yang akan diundang, buatlah skala prioritas. Mulai dari keluarga terdekat sampai terjauh, relasi dan teman-teman kantor, sahabat waktu sekolah, hingga teman di komunitas tempat anda aktif. Satu hal penting, jangan lupakan tetangga anda. kirimkan undangan maksimal 10 hari sebelum acara. Tulislah daftar tamu dari sejak jauh hari agar anda dapat memprediksi jumlah undangan yang hadir.Profesi kedua mempelai dan orang tua dapat mempengaruhi banyak sedikitnya undangan. Anda dapat memilih undangan dengan desain menarik dan harga terjangkau dengan berbagai pilihan dari Arifa undangan.


Menyusun rencana kerja dan keuangan

Sebaiknya anda menyusun rencana kerja dan rancangan pengeluaran dana. Selain menghindari pemborosan, jadual kerja kepanitiaan yang terorganisir, berguna agar acara bisa dirancang lebih matang dan anggaran pengeluaran bisa terkontrol.

Pengalokasian dana

Anggaran pengeluaran sebaiknya disusun menurut skala prioritas dan dijabarkan secara rinci. Penyusunan ini berfungsi untuk mengalokasikan dana dan penginventarisasi daftar harga dari berbagai sumber. Penyusunan harga tergantung pada kemampuan keuangan anda. Agar data harga dapat berfungsi optimal sebagai panduan pengeluaran, anda perlu menentukan biaya resepsi sebelum memperkirakan total anggaran. Alokasi terbesar biasanya untuk jasa catering dengan rumus biaya yang dikeluarkan untuk setiap undangan x jumlah undangan x 2. Contoh, jika anda mengundang 100 orang dan alokasi dana tiap tamu adalah Rp.50.000,- maka total anggaran yang disiapkan adalah Rp.50.000,-x100x2= Rp. 10.000.000,-. Selanjutnya anda tinggal menambahkan biaya untuk kelengkapan administrasi pernikahan, penyewaan gedung, Undangan, Foto & video shooting, serta akomodasi lainnya. Semua pilihan tersebuat kembali kepada anda. Alangkah baiknya jika anda bisa membuat pesta pernikahan anda berkesan bagi semua orang dan yang terpenting adalah keberkahan dan doa restu dari para tamu undangan.

(Smbr : Majalah Anggun )

1 Comment (+add yours?)

  1. Chandra
    Feb 15, 2008 @ 07:40:42

    Ass …

    Kunjungan balik nih, gimana kabar???
    bagi id YMnya donk …

    Wasalam

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: