Batuk Saat Hamil

Selama masa kehamilan, gangguan kesehatan yang anda alami sebaiknya tidak dianggap sepele. Tak terkecuali batuk.Batuk sebenarnya adalah suatu bentuk refleks yang dilakukan tubuh sebagai reaksi terhadap”benda asing”yang masuk kedalam tenggorokan atau saluran pernapasan.”Benda asing” itu bisa berupa lendir, kuman, benda-benda penyebab reaksi alergi (alergen), dan benda-benda penyebab timbulnya reaksi iritasi (iritan).

Selama masa kehamilan, tubuh Anda memang banyak mengalami perubahan. Tenggorokan Anda, misalnya, akan lebih sering berlendir sehingga memicu terjadinya refleks berupa batuk. Apabila batuk terjadi secara terus-menerus atau kronis, barulah hal ini bisa terjadi masalah.

Selain perubahan pada tenggorokan, juga akan mengalami perubahan pada bentuk serta kapasitas rongga dada, karena terjadi pembesaran rongga perut. Pada ibu hamil, batuk yang kuat dan keras dapat mengakibatkan timbulnya tekanan rongga dada yang kuat pada rongga perut. Inilah yang seringkali menyebabkan keluarnya air kemih atau kotorang secara spontan, saat Anda batuk.

Risiko yang paling mungkin terjadi akibat batuk berat pada kehamilan adalah timbulnya perdarahan. Keadaan ini biasanya terjadi pada kehamilan yang memang memiliki riwayat keguguran, kehamilan beresiko tinggi, kehamilan kembar, dan kehamilan yang sulit karena ada riwayat ketidaksuburan.

Selain itu, bila batuk berat ini diderita oleh Anda yang kehamilannya sudah memasuki bulan ke-8 (trimester 3), kemungkinan besar Anda akan merasakan sesak napas dan sakit pada bagian bawah perut. Hal ini terjadi karena pada trimester 3, kepala janin berada di bawah ( mendekati jalan lahir). Nah, tekanan tulang kepada janin pada rongga panggul dan tulang kemaluan inilah yang menimbulkan rasa sakit pada bagian bawah perut, ketika Anda batuk dengan keras dan kuat. Apabila batuk ini terjadi secara berulang-ulang dan dalam waktu lama, bisa menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati.

Yang dapat dilakukan ibu hamil untuk mengatasi batuk berat adalah tergantung penyebabnya, yakni:

* Bila penyebab batuk adalah iritasi, minumlah air putih sebanyak mungkin.
* Bila penyebab batuk adalah alergi, hindari penyebab munculnya reaksi alergi ini. Misalnya, bila penyebabnya berupa udara dingin, pakailah baju hangat, serta minum dan makanlah yang hangat-hangat.
* Bila penyebab batuk adalah infeksi, minumlah obat batuk yang aman untuk ibu hamil ( konsultasikan pada dokter).

Upaya pencegahannya

1. Jangan merokok.
2. Biasakan berolahraga secara rutin. Paling tidak, berjalan kaki setiap pagi. Ini baik untuk meningkatkan kapasitas dan kerja paru-paru Anda.

Sumber  :  http://forum.detik.com

About these ads

6 Comments (+add yours?)

  1. dyah fitriap
    Dec 17, 2011 @ 01:30:32

    makasih sangat infonya….makasih…

    Reply

  2. lina
    Feb 22, 2012 @ 07:10:41

    aku hamil 5 bulan…batuk gak sembuh-sembuh.

    Reply

  3. chamoet
    Mar 20, 2012 @ 05:56:14

    @dyah : Mksh kembali mba;)
    @lina : slmt bwt kehamilannya yaa mba, gmn? maaf baru baca postingannya, batuknya blm sembuh jg ya mpe skrg? dah ke dokter?
    Batuk saat hamil mmg sangat menyiksa (dah ngalamin jg), lihat penyebabnya apa? alergi? infeksi kah?
    klo aku byk minum air hangat aj, klo ga tahan lgsg deh minum sari jeruk nipis tpi hrs sabar mba krn proses nyembuhnya agak lama..

    Reply

  4. ani
    Jul 21, 2012 @ 13:11:51

    aku hamil dibulan ke dua selama 2 bulanan batuk terus.tau2 brenti dengan sendirinya.sekarang masuk bulan 8 batuknya mulai lagi.ya mdh2an abis melahirkan batuknya bisa hilang dengan sendirinya…

    Reply

  5. jemsli
    Sep 07, 2012 @ 07:23:02

    saya mau tanya udah 5 hari istri saya batuk sudah minum obat dr dokter tapi batuknya blm juga hilang trus kalo dia batuk di bagian tengah perutnya juga sakit saya takut nanti bermasalah buat anak yang ada dirahimnya,memang sih posisi bayi waktu di usg kemarin posisinya dibawah sedangkan ari-arinya posisi di atas..umur kandungannya 7 bulan masuk 8 bulan…mohon bantuan dan penjelasannya?

    Reply

  6. ria susanti
    Sep 27, 2012 @ 15:25:04

    apakah batuk disaat hamil tdk menganggu janin didalam?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: