Memilih Warna Baju yang sesuai Warna Kulit

Memilih pakaian sesuai gaya dan kepribadian, sangat menunjang penampilan. Tapi memilih pakaian tidak hanya harus jeli pada potongan dan modelnya, karena juga menyangkut urusan warna dan motif. Malah untuk sebagian orang, pemilihan warna, masalah sensitif. Ada kesan warna-warna tertentu dihindari. Misalkan pink dianggap bukan pilihan yang tepat untuk pria. Merah atau orange pun masih dihindari sebagian wanita. “Biasanya remaja dan orang dewasa selalu mengikuti tren,” jelas Marla K. Day seorang spesialis dari K-State Research and Extension. Tapi selanjutnya, Marla mengatakan, pada akhirnya selera dan kepribadian juga berbicara. “Sebagian orang akan memilih lebih banyak warna hitam,” ujar Nancy Peterson seorang ahli komunikasi. Menurut Nancy banyak warna yang bisa dipilih, dan warna cerah merupakan bagian dari komunikasi.

Kenapa masalah pemilihan warna pakaian begitu sensitif? Karena penelitian membuktikan, kesalahan memilih warna pakaian menyebabkan beberapa hal :

  • Menyebabkan kulit terlihat kusam dan dekil.
  • Bayangannya membuat kesan yang salah lewat bayangan mata.
  • Bayangannya menyebabkan kesan yang salah tentang besarnya pipi Anda.
  • Membuat warna gigi Anda jadi terlihat lebih kuning.

Sebaliknya, mereka yang memakai warna yang benar akan memperlihatkan :

  • Warna kulit lebih kinclong dan cerah.
  • Mata terlihat lebih besar dan mempesona.
  • Rambut terlihat lebih bercahaya.

Warna apa yang seharusnya kita pakai ?

Mempelajari warna yang cocok dan sebaiknya dipakai membuat ruang kreativitas Anda untuk berpakaian semakin terbuka luas. Di kemudian hari, Anda juga akan lebih cepat dalam memadupadankan pakaian yang Anda pakai dengan berbagai elemen dalam berpakaian, seperti aksesori, saputangan, syal, sepatu, dll. Menggunakan warna yang tepat akan memberi kesan yang baik, dan bisa menjadi gaya berkomunikasi tersendiri dan tentu saja meningkatkan kepercayaan diri. Sebenarnya, tiap orang sah-sah saja memakai warna apa pun, tapi sekali lagi warna kulit harus dijadikan pertimbangan tersendiri.

Bagaimana cara menemukan warna yang baik ?

Warna, sesuatu yang bersifat pribadi. Untuk itu, Anda dianjurkan memilih warna pakaian yang Anda pilih dalam zona nyaman. Datanglah ke toko pakaian dengan teman atau kerabat. Mintalah komentar mereka. Biasanya, orang terdekat adalah komentator yang adil dan jujur. Kalaupun Anda ingin itu sebagai sesuatu yang lebih bersifat privasi, Anda bisa menggunakan kamera digital sebagai alat evaluasi penampilan. Apa pun warna kulit Anda, sebaiknya dalam memilih pakaian jangan menunggu analisis tentang warna apa yang cocok selesai dilakukan. Jalani apa yang Anda suka dan nyaman terlebih dahulu.

Paduan memilih warna pakaian berdasarkan warna kulit

  • Warna kulit gelap

Lebih baik memilih warna-warna yang justru kontras dengan warna kulit Anda. Adapun warna yang terbaik untuk jenis kulit gelap antara lain : putih, pink, khaki, abu-abu, baby blue, hindari warna seperti cokelat gelap, hitam, magenta, turquoise, hijau daun. Untuk Anda yang berkulit agak kecoklatan perpaduan warna terang dan gelap akan bagus untuk kulit Anda, pilih yang Anda suka. Adapun warna yang dapat Anda pilih, hitam, pink, burgundy, beige, navy, tapi hindari warna olive, merah, dan cokelat gelap.

  • Untuk warna kulit putih

Untuk Anda yang memiliki warna kulit lebih terang, bisa memilih warna yang lembut dan pastel. Warna yang cocok akan membuat Anda terlihat menggoda dan lebih rileks. Adapun warna yang cocok, off-white, cokelat, biru terang, beige, bold blue. Satu kunci yang harus Anda perhatikan warna yang Anda pakai harus terang dan bersih. Sedangkan warna yang harus dihindari antara lain : purple, merah, orange, dan kuning.

Sumber : donnatanuwidjaja.blogspot.com

About these ads

10 Comments (+add yours?)

  1. SPG
    May 27, 2010 @ 08:47:38

    Bagus artikelnya mba. Meskipun masih penasaran dengan hasil penelitian yang mba sebutin di atas, kalo pemilihan warna yang salah dapat menyebabkan gigi terlihat lebih kuning.

    Reply

  2. adindafatiha
    Jan 07, 2011 @ 11:18:17

    terima kasih. nice tips

    Reply

  3. roszalina
    Mar 21, 2011 @ 05:51:06

    hye…untuk lelaki brkulit sedikit gelap & berbadan besar sesuai pakai baju warna purple tak? kalau sesuai,purple yang macam mana?

    Reply

  4. intan nur arifah
    Jul 12, 2011 @ 05:11:26

    Kalo kulit sawo matang tu masuk kategori kecoklatan ya..oo pantes saya kalo pake yg berbau coklat selalu tampak kusam xixi makasih banyak ya :- ) good tips.

    Reply

  5. ina
    Jul 15, 2011 @ 06:07:55

    yang cocok untuk saya kulit sawo matang

    Reply

  6. Trackback: Memilih Warna Baju.. | onlyindh
  7. yoelie
    Mar 28, 2012 @ 11:33:21

    kulit saya berwarna sawo matang,kalo pake bju kuning kunyit cocok ga ya

    Reply

  8. adhel
    Apr 11, 2012 @ 05:26:29

    kalau kulit sawo matang cocok ngak memakai warna hitam

    Reply

  9. shinta
    May 20, 2012 @ 12:28:35

    kalau kulit Q sawo matang tp kalau pakai pakaian yg berwana terang seperti tidak PD gimana??????????

    Reply

  10. makna
    Sep 22, 2012 @ 18:05:51

    Artikel nya bagus mba, tapi warna kulit sekarang jauh lebih kompleks daripada sekedar gelap dan terang. Tetapi sebagai panduan dasar siipp deh

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: